Mengetahui target pendengar

Mengetahui target pendengar merupakan salah satu aktivitas yang penting.
Beberapa contoh target yang berbeda antara lain:
² Penguji sidang thesis. Biasanya pendengar adalah orang yang memiliki
pengetahuan teknis cukup tinggi, jadi jangan terlalu berkesan meng-
gurui dan bertele-tele. Jumlah pendengar biasanya sedikit sehingga
presentasi bisa lebih interaktif dan serius.
² Seminar umum. Biasanya jumlahnya banyak dengan latar belakang
yang berbeda-beda. Umumnya mereka ingin belajar dari Anda. Untuk
itu perlu Anda pikirkan nilai tambah apa yang dapat mereka peroleh
setelah mendengarkan presentasi Anda? Mereka pulang mendapatkan
apa? Seminar yang dihadiri oleh pejabat-pejabat, biasanya bersifat
formal meskipun bukan berarti Anda tidak dapat melawak.
² Mahasiswa. Seminar umum juga sering dihadiri oleh mahasiswa, tapi
kadang-kadang ada acara khusus yang lebih banyak mahasiswanya.
Untuk acara jenis ini, biasanya pembicaraan harus lebih informal dan
santai (populer), dan dapat disertai dengan humor atau lawakan. Siap-
kan gurauan jika waktunya memungkinkan. Mahasiswa kadang-kadang
responsif terhadap yang sifatnya \hura-hura" namun seringkali tidak
responsif untuk topik yang formal. Pada bagian tanya jawab biasanya
sepi.

Comments

Popular Posts