ABSTRAK

Berikut contoh penulisan ABSTRAK, ang dimuat hanya dalam satu lembar kertas A4;

Yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini, disebabkan karena ketidakpuasan konsumen terhadap berbagai layanan internet dan penilaian konsumen yang sangat selektif untuk memilih jaringan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan.
Sebagai perbaikan kualitas jasa agar tercapainya sasaran perusahaan dan memiliki nilai keunggulan dari perusahaan lainnya, maka diperlukannya peningkatan kualitas jasa SPEEDY dengan melakukan beberapa perbaikan yang dibutuhkan perusahaan xA demi memenuhi kebutuhan konsumen..
Untuk meminimasi keluhan dari para konsumen yang didasari oleh pernyataan dalam kuesioner, maka pengukuran kualitas jasa pelayanan dengan metode Servqual (Service Quality) karena metode ini dapat digunakan untuk semua pengukuran yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Dimensi-dimensi yang digunakan dalam pengukuran Servqual adalah reliability, tangibles, empathy, assurance, responsiveness.
Jenis pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling kuota, yaitu sampel yang diambil sampai nilai minimum yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Rumus yang digunakan untuk mencari banyaknya responden yang akan diuji menggunakan rumus Nawawi. Kemudian dari sana diperoleh angka jumlah sebanyak 72 responden. Pengambilan tahap awal dilakukan kepada 60 responden dan 51 diantaranya dapat diolah untuk perhitungan selanjutnya. Pengambilan data akhir ditujukan kepada 30 responden dan total keseluruhan data yang dapat diolah sebanyak 72 sehingga sudah sesuai dengan jumlah perhitungan sampel minimum.
Metode servqual termasuk salah satu cara dimana responden diminta untuk menilai tingkat harapan mereka terhadap atribut tertentu dan juga tingkat kepuasan yang mereka rasakan sebagai salah satu strategi perusahaan. Dengan metode ini akan diperoleh Total Service Quality (TSQ). Nilai rata-rata TSQ yang diperoleh sebesar -0,982 dengan rincian reliability -0,995, tangibles -0,778, empathy -1,079, assurance -1,022 dan responsiveness -1,024.
Dari hasil analisis Servqual, maka dapat diketahui beberapa usulan perbaikan yang kira-kira bermanfaat dan sesuai, sehingga yang dapat digunakan sebagai masukkan /pertimbangan bagi perusahaan.
Untuk saran-saran yang diberikan diantaranya mengubah ataupun menciptakan penampilan baru bagi karyawan berupa warna yang sejuk dan seragam yang bervariasi, karyawan akan selalu merasa diingatkan untuk berpenampilan rapih, menyediakan software yang secara otomatis mengakses ID dan password, selalu melakukan up-date, dan peninjauan kembali mengenai sistem pengedaran tagihan.
Prioritas utama ditujukan kepada variabel : Setiap bulan, pelanggan akan mendapatkan struk pembayaran ke rumah-rumah tepat waktu; Perhitungan biaya dimulai pada saat koneksi internet sudah jalan; Ketepatan perhitungan tagihan pemakaian internet; Tingkat keberhasilan koneksi internet yang relatif lebih tinggi; Adanya tindak lanjut terhadap saran dan keluhan pelanggan.

Contoh Abstract

Comments

Popular Posts