Pengolahan Data - Pengukuran Kualitas Jasa Pelayanan
Setelah data-data yang diperoleh dan diperiksa dinyatakan valid dan reliable, akan diolah dengan metode servqual yang bertujuan untuk mengetahui baik atau buruknya kualitas pelayanan PT x. Untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap pelayanan yang telah diterimanya. Nilai total Servqual (TSQ) yang diperoleh nantinya akan mengidentifikasi baik atau tidaknya kualitas jasa yang diberikan oleh penyedia jasa pelayanan kepada para pelanggannya.
Nilai rata-rata TSQ sama dengan nol (= 0), berarti dalam hal ini telah menunjukkan jasa yang diterima sesuai dengan yang diharapkan pelanggan sehingga kualitas jasa dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika nilai rata-rata TSQ lebih besar dari 0 (> 0), hal ini menunjukkan jasa yang diterima melampaui harapan pelanggan, maka jasa dipersepsikan sebagai kualitas yang ideal. Jika nilai rata-rata TSQ bernilai lebih kecil dari nol (< 0) hal ini menunjukkan jasa yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan buruk. Untuk mengetahui nilai gap kesenjangan di setiap variabelnya, dilanjutkan perhitungan servqual tanpa bobot.
Sample lain..
Nilai rata-rata TSQ sama dengan nol (= 0), berarti dalam hal ini telah menunjukkan jasa yang diterima sesuai dengan yang diharapkan pelanggan sehingga kualitas jasa dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika nilai rata-rata TSQ lebih besar dari 0 (> 0), hal ini menunjukkan jasa yang diterima melampaui harapan pelanggan, maka jasa dipersepsikan sebagai kualitas yang ideal. Jika nilai rata-rata TSQ bernilai lebih kecil dari nol (< 0) hal ini menunjukkan jasa yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan buruk. Untuk mengetahui nilai gap kesenjangan di setiap variabelnya, dilanjutkan perhitungan servqual tanpa bobot.
Sample lain..
Comments