Friday, October 19, 2007

Penentuan Sample dan Penyebaran Kuesioner Awal

Menentukan jumlah sampel dalam suatu penelitian akan sangat mempengaruhi valid atau tidaknya hasil penelitian tersebut. Sampel yang digunakan adalah sample Kuota, karena pemilihan sampel yang diambil secara acak sampai jumlah minimum bisa tercapai.
Menentukan ukuran sampel dilakukan dengan Rumus Matematis Nawawi, sebagai berikut :


dimana:
: Derajat Koefisien
p : Populasi Kelompok Pertama
q : Proporsi Sisa Dalam Populasi (1- p)
b : Presentasi Perkiraan Kemungkinan Kesalahan Dalam Membuat Sampel
n : Jumlah Sampel

Ukuran sampel untuk kuesioner data awal diperlukan minimal berjumlah 30 buah berdasar atas ketentuan statistik untuk mengikuti distribusi normal. Hasil dari penyebaran kuesioner yang sudah dikumpulkan masih perlu diseleksi lagi, dimana kuesioner yang kembali akan digunakan untuk pengolahan data hanya yang sah saja yaitu kuesioner yang telah terisi dengan benar. Namun penyebaran yang penulis lakukan sebanyak 60 buah dan dari 60 kuesioner yang dibagikan terdapat 6 tidak dikembalikan dan 3 pengisiannya dilakukan tidak benar.
Sehingga dari keseluruhan kuesioner yang dikumpulkan, sebanyak 51 yang dinyatakan layak untuk diolah dalam tahap selanjutnya. Kuesioner dikatakan tidak memenuhi syarat jika dalam kuesioner jawabannya tidak lengkap (ada pertanyaan yang tidak dijawab) atau kuesioner yang jawabannya tidak jelas. Yang dimaksud dengan jawaban tidak jelas apabila ada jawaban ganda dan tidak dijawab. Setelah dikumpulkan dan diseleksi, kemudian dari kuesioner yang sah akan digunakan dalam pengolahan data.

Contoh Proposal

No comments:

Exotic Pets For Sale