Latar Belakang Masalah

SPEEDY adalah layanan akses internet dengan kecepatan tinggi menggunakan teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), dan jaringan akses telepon pelanggan diubah menjadi jaringan digital berkecepatan tinggi, sehingga selain mendapatkan fasilitas telepon (voice), pelanggan juga dapat melakukan akses internet (dedicated) dengan kecepatan (downstream) yang tinggi (s/d 512 Kbps).
Beberapa perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan informasi sedang mengembangkan beberapa sistem jaringan komunikasi dan sarana pendukung yang dapat bersaing dengan pihak pengelola jasa internet lainnya. Beberapa alat atau sarana informasi dan komunikasi yang mempunyai peranan besar pada saat ini di antaranya telepon kabel, telepon genggam dan jaringan internet yang tidak mempunyai jangkauan terbatas untuk menerima informasi dari mana saja. Kaum pekerja aktif sangat membutuhkan suatu sarana informasi yang dapat memiliki layanan cepat dalam memproses internet walaupun hanya dengan penggunaan perangkat komputer yang standar untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan. Hal ini telah dilakukan oleh PT x (PT x) yang merupakan anak perusahaan Yayasan Dana Pensiun Telkom dalam memenuhi kebutuhan konsumen untuk dapat memberikan jasa pelayanan yang sebaik-baiknya.
Permasalahan disebabkan kualitas pelayanan SPEEDY belum sepenuhnya sanggup memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen khususnya di kota Jakarta sendiri. Masalah ini yang menjadi pokok laporan penulis karena merasa tertarik dengan kualitas jasa yang disajikan oleh pihak pengelola SPEEDY di PT x, di samping itu juga karena adanya hubungan dekat dengan pihak pengelola sehingga dapat memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.
Hal ini disebabkan karena pihak perusahaan memiliki keterbatasan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan konsumen dan ditambah lagi saingan yang begitu ketat antara provider internet dalam negri. Kenyataan yang ada antara rencana dengan keadaan lapangan menyatakan bahwa hingga saat ini para pengguna jasa pelayanan SPEEDY belum berkembang lebih luas dari target yang diharapkan ,karena persaingan yang begitu besar dari beberapa provider internet, baik yang menggunakan system dial-up maupun jaringan cable, yang dapat menjangkau kawasan perumahan sebagai penggunaan internet pribadi dengan harga yang jauh lebih murah.
Lokasi penyebaran pelayanan SPEEDY yang sudah dipenuhi selama ini yaitu di Jakarta dan Surabaya kemudian akan menyusul di Semarang dan di Bandung dengan target rencana pemasaran SPEEDY kedepan adalah sebanyak 150 ssl per bulan. SPEEDY dan telkomnet instant sendiri memiliki beberapa perbedaan diantaranya adalah, Telkomnet instant merupakan layanan internet dengan menggunakan dial up dan digunakan untuk membangun sambungan telepon tidak dapat dilakukan (koneksi) secara bersamaan. Lain halnya dengan SPEEDY dimana sambungan internet dan sambungan telepon dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan saluran yang sama. Telkomnet Instan kecepatannya berkisar antara 10 Kbit / second s/d 56 Kbit/second sedangkan untuk SPEEDY kecepatannya antara 384 KBit s/d 2 Mbit. Sarana penunjang yang digunakan untuk pemakaian SPEEDY, diantaranya adalah dengan menggunakan : modem ADSL + komputer + splitter (sebagai alat untuk memisahkan sambungan ke pesawat telepon dengan sambungan ke modem. untuk memisahkan saluran data dan voice) sedangkan providernya sendiri adalah Telkom, dengan menggunakan teknologi d’slam yang disediakan pada setiap sentralnya.

Sample lain..

Comments

Popular Posts