Identifikasi Variabel SPEEDY
Identifikasi variabel atribut dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil-hasil wawancara dengan salah seorang manajer yang bekerja bagi penyelenggara jasa, dan menampung keluhan-keluhan yang diberikan konsumen. Tujuan dari identifikasi ini dilakukan untuk mengetahui variable-variabel yang akan diukur dalam penelitian. Tentu hal ini juga tidak akan terlepas dari tujuan penelitian yang dilakukan sehingga kita harus berusaha menentukan seberapa jauh relevansinya.
Variabel yang berpengaruh, yang dilakukan menurut pendekatan bauran pemasaran, mengacu pada penentuan mutu pelayanan jasa yang dikutip oleh Parasuraman untuk produk yang berbentuk jasa, yaitu Reliability, . Responsiveness, Assurance, Security, Emphaty dan Tangible.
Identifikasi dilakukan selain berdasarkan jawaban kuesioner dari responden, juga berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada para karyawan dan manajer perusahaan. Kemudian dari hasil ini, variabel penelitian akan dijadikan dasar pembuatan pertanyaan dalam kuesioner.
Contoh Proposal
Variabel yang berpengaruh, yang dilakukan menurut pendekatan bauran pemasaran, mengacu pada penentuan mutu pelayanan jasa yang dikutip oleh Parasuraman untuk produk yang berbentuk jasa, yaitu Reliability, . Responsiveness, Assurance, Security, Emphaty dan Tangible.
Identifikasi dilakukan selain berdasarkan jawaban kuesioner dari responden, juga berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada para karyawan dan manajer perusahaan. Kemudian dari hasil ini, variabel penelitian akan dijadikan dasar pembuatan pertanyaan dalam kuesioner.
Contoh Proposal
Comments