Tips Secara Teknis Untuk Menyelesaikan Tugas Akhir

Mahasiswa/ mahasiswi di pertengahan semester sudah harus bisa menentukan Tugas Akhir yang nanti akan dikerjakan. Menurut pengalaman yang menjadi dasar pemilihan Tugas akhir adalah " Ketertarikan dan Penguasaan Tema Yang akan Diajukan". Inilah yang menjadi dasar penulis menentukan Tugas Akhir dimasalah kuliah dulu.
Sehingga saya mau share buat adik-adik yang akan mengajukan Tugas Akhir setelah menggenapi beberapa sks, dan demikian tips nya :

1. Tentukan tema yang akan dibuat dan Waktu Penyelesaian
Dari sekian banyak pilihan tentukan 2-3 tema yang akan diajukan, sehingga masing-masing menjadi opsi untuk diajukan kepada dosen pembimbing apabila kena cekal karena sudah ada yang mengerjakan atau dianggap kurang berbobot atau alasan lainnya.
Setelah nanti diputuskan untuk memilih salah satunya, maka prosesnya bisa masuk ke poin 2;

2. Menguasai Tema dan Permasalahan Yang kemungkinan Bisa Muncul
Penguasaan teori dan dapat memecahkan masalah menjadi peran penting dalam menyelesaikan Tugas Akhir hingga sidang nanti.
Maka ini juga yang menjadi penilaian untuk para mahasiswa/ mahasiswi di level mana kemampuan dan uji penguasaan akan dinilai.

3. Menentukan Waktu Penyelesaiaan Tidak Lebih dari 1 Semester
Untuk menentukan waktu penyelesaiaan kita harus ada target 1 semester kelar, kenapa?
Ini hanya saran, karena rasa jenuh kalau terlalu lama diselesaikan.

4. Pilih Dosen Pembimbing Yang Benar2 "Dekat"
Pengertian "dekat" disini berarti sudah tau cara penilaiannya, sudah mengenal watak dan karakternya dan dimata dosen itu kita tidak ada "dosa" karena akan menjadi batu sandungan kemudian pada saat sidang.

5. Berikan Ruang Pernyataan Untuk di Uji yang Sebenarnya Kita Sudah Ada Jawaban
Sehingga untuk membuat kesimpulan dan penjelasan jangan selengkap mungkin sediakan ruang untuk jadi pertanyaan pada saat sidang yang sebenarnya pertanyaan itu kita sudah ada jawabannya.

Demikian semoga bermanfaat...

Comments

Popular Posts