Pengujian Realibilitas

Hasil penelitian dinyatakan valid, apabila terdapat kesamaan antara data yang terkumpul dengan sesungguhnya terjadi pada obyek yang diteliti.
Reliabilitas pada umumnya menyangkut mengenai ketepatan alat ukur, sehingga merupakan suatu istilah yang dipakai untuk menunjukkan sejauh mana suatu hasil pengukuran relatif konsisten apabila pengukuran diulangi dua kali atau lebih. Data yang digunakan untuk uji reabilitas adalah data persepsi dan ekspektasi yang telah memenuhi syarat dengan skala penilaian 1 sampai 5.
Apabila yang didapatkan dari pengujian ini reliable, item yang tidak valid tidak diikutsertakan dalam pengolahan data. Angka reliabilitas keseluruhan item berkisar antara 0 sampai dengan 1. Semakin mendekati 1 maka tingkat konsistensi semakin baik, ini berarti bahwa alat pengukur semakin reliable. Hasil Perhitungan Reliabilitas Instrumen menggunakan metode Alpha Cronbach.
Semakin koefisien reliabilitas mendekati angka 1, maka akan menunjukkan semakin variabel-variabel penelitian dalam menyelesaikan masalah. Syarat reliabel : α ≥ 0,7.
Berikut ini adalah ciri dan ukuran reliabilitas:
§ 0,00 – 0,19 = Reliabilitas hampir tidak ada.
§ 0,20 – 0,39 = Reliabilitas rendah
§ 0,40 – 0,69 = Reliabilitas sedang
§ 0,70 – 0,89 = Reliabilitas tinggi
§ 0,90 – 1,00 = Reliabilitas tinggi sekali
Apabila yang didapatkan dari pengujian ini tidak valid, item yang tidak valid tidak diikutsertakan dalam pengolahan data.

Tipe Skala Pengukuran lain..

Comments

Popular Posts