Karakteristik Jasa

Menurut karakteristiknya, jasa dapat dibagi menjadi (Tjiptono,2002) :
1. Intangibility (Maya atau tidak teraba)
Para konsumen tidak dapat mencicipi, merasakan, mendengar, merasakan, sebelum membelinya, karena tidak bersifat fisik.

2. Inseparability (Tidak terpisahkan)
Jasa kerap kali tak terpisahkan dari pribadi penjual, jasa tertentu harus diciptakan dan digunakan habis pada saat yang bersamaan.

3. Variability (Bervariasi)
Jasa bersifat sangat variable, kualitas, dan jenis, tergantung pada siapa, kapan, dan dimana jasa tersebut dihasilkan.

4. Perishability (Cepat hilang) dan permintaan yang berfluktuasi
Jasa cepat hilang dan tidak dapat disimpan. Kamar hotel yang kosong, kursi kreta api, akan berlalu begitu saja karena tidak dapat disimpan.

Karakteristik ini juga yang menghasilkan program pemasaran strategis secara sub stansial berbeda dengan pemasaran produk.

Contoh Proposal

Comments

Popular Posts